Thursday, December 8, 2016

Marketing Insight: Bad News is A Good News

Akhir-akhir ini banyak produk yang jadi viral gegara pemberitaan negatif. Tapi faktanya, apakah perusahaan yang memproduksi produk-produk tersebut menjadi merugi??

Pertama-tama, coba kita perhatikan di layar kaca televisi kita hari ini. Perhatikan siapa saja yang wajahnya sering muncul di layar TV anda? dan apakah dia selalu memiliki pemberitaan yang baik?hehe

Secara teori, dalam ilmu Marketing, dikenal istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Dimana, intinya adalah, untuk sampai pada action target konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan, terlebih dahulu konsumen harus dilewatkan pada tahapan-tahapan sebelumnya, yaitu Awareness, Interest dan Desire. 

Untuk dapat  menghasilkan keputusan yang baik dari konsumen, maka kita terlebuh dahulu harus dapat menciptakan atau memancing hasratnya (desire). Untuk dapat menimbulkan hasrat konsumen, maka terlebih dahulu konsumen harus tertarik (interest) pada produk tersebut. Dan untuk dapat menciptakan ketertarikan, maka awareness harus terlebih dahulu diciptakan, yaitu kesadaran konsumen akan keberadaan produk yang ditawarkan.

Dan apa yang bisa kita pelajari???
Kita langsung ambil contoh saja ya..

Equil Mineral Water (source: Culinary Bonanza )

Setelah ramai di sosial media karena disangka minuman keras, produk Equil malah sangat beruntung, karena dengan gratis, secara viral, ramai orang membicarakannya. 

Hingga pada akhirnya, yang tidak tahu menjadi tahu. Dan yang semula tidak peduli dan tidak mengerti kandungan baik yang bisa ada dalam air, menjadi sadar (aware) bahwa minuman equil ini minuman yang bagus, berkelas, dan baik untuk dikonsumsi.

Karena berita yang awalanya kurang baik, konsumen justru sadar dengan adanya minuman Equil, mereka pun tertarik dan mencari minuman tersebut untuk membeli dan mengkonsumsinya. hihihi

Contoh lainnya, adalah

Teteh Princess Syahrini
Yap! teteh Syahrini. Pada awal kemunculannya, semua orang merasa ada yang aneh dengan gayanya yang nyeleneh dan nyentrik abis itu. haters nyapun bermunculan, bahkan ketika kita menyebut namanya, pembicaraan negatif tentangnya pun selalu ada.

Tapi seiring berjalannya waktu, keunikannya justru membuat dia mudah dikenali dan masyarakat yang notabene target pasar dari dunia entertainment dimana Syahrini bernaung ini semakin sadar dan akhirnya tertarik untuk terus melihat gayanya. Sampai-sampai hari ini, Syahrini ini bisa digolongkan sebagai artis papan atas. uuu.. (Marketing) Manager nya sukses beratt nii hihihi

truss.. masi pada inget kopi Vietnamnya mbak Mirna?

Vietnam Coffee - Olivier Cafe
Setelah kejadian menyedihkan yang dialami mbak Mirna yang keracunan Vietnam Coffee di cafe Olivier ini, menurut informasi dari manajer restaurant, penjualan Vietnam Coffee ini malah semakin meningkat. hehehe
Aneh kan? hihihi
Gak aneh sii.. kan memang kata mbak Mirna di chat whatsappnya kopi Vietnam disitu enak 😁

Dari tiga case diatas bisa kita lihat betapa informasi sekalipun kategorinya "bad news" justru malah menambah peluang menguntungkan. yap! Bad News is A Good News!

Mudah tersebarnya sebuah berita negatif dibanding berita positif di jaringan informasi saat ini, menjadikan peluang untuk mendapatkan awareness yang lebih besar adalah melalui berita negatif. hhoo makanya sii katanya kenapa sekarang banyak artis-artis yang katanya sering melakukan gimmick gimmick agar beritanya dimuat di acara-acara gosip dan akan semakin dikenallah ia. hhhi
hmmm... btw tulisan ini bukan ingin menyarankan gimmick untuk alat promosi sii yaa...😂
Tulisan ini cuma sedikit ingin mengemukakan fakta dari realita yang teramati selama ini.

Pointnya adalah Masyarakat hari ini sudah sangat cerdas dalam menanggapi setiap berita negatif. Dengan mudahnya akses informasi, ketika berita negatif didapat, kita bisa langsung kroscek kebenarannya bahkan langsung saat itu juga. Jadi ketika ada berita negatif mengenai sebuah sebuah produk unggulan, pada akhirnya masyarakat (berkat berita negatif tersebut) justru akan mencari tahu, mengenal jauh dan bisa jadi mulai mencintanya. 😄

Dan mungkin kita bisa mengambil hikmah dari fakta ini, yaitu
1."Terlalu mudah menerima berita negatif akan justru merugikan diri kita sendiri, jangan-jangan berita negatif tersebut sebenarnya sengaja dihembuskan untuk menjauhkan kita dari hal baik"
2."Jangan sedih ketika ada hal buruk yang orang lain bicarakan tentang kita, pada akhirnya permata dalam jerami yang kusut sekalipun akan tetap bercahaya dan berharga " hehehehe

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya..💋




No comments:

Post a Comment