Sunday, July 22, 2012

EDISI KKN : Do What You Can Do Better, Solusi Berarti Dikenang Sampai Nanti :)

1. Pemilihan Lokasi, Persiapan Mental

KKN, momen yang selama ini gue tunggu-tunggu,,, katanya mahasiswa selalu penuh cerita and kenangan di tempat KKN. yeaah... this month is my turn,,,

Dimulai dari pendaftaran yang WOW, begitu heboh. Pertama tentang sistem pembagian kelompok di kampus gue yang ajib via online, so kita pilih tema and lokasi sendiri. uda puyeng kalii ya itu lembaga LPPM ngebagiin segitu bejibunnya mahasiswa yang kontrak KKN. Selanjutnya, mahasiswa mulai kerimpungan, dari yang tiap hari nunggu updetan web LPPM biar bisa duluan log in and booking tempat yang udah ditag sebelumnya. mulai yang rajin bikin grup and share buat cari temen sekelompok via social network yang biasa disebut facebook, ceritanya  buat ngetag tempat bareng ato cuma sekedar numpang mejeng aja itu di grup #ehh hhhhe (padahal mah sama aja gk kenal mo ketemu sekarang ato nanti setelah kelompok resmi dari LPPM fix, ya sudaah).

Kalo gue sendiri, cukup dengan menunggu janji LPPM, dan ketika waktunya tiba, check in di program kearifan budaya lokal yang kalo boleh jujur masih sangat absurd buat gue ini tema. hahha emang ini seninya...
Kalo yang lain sibuk log in bareng sama orang2 yang udah dikenal, gue cuek pilih lokasi dengan gak ada satu pun orang yang log in bareng (yang ngajak sii banyak,, cuma kapan lagi ajang cari temen baru, pengalaman baru, yang bakal bikin hidup loe makin seru #apasiiih). 

2. Meet and Greet Momment

Ini dia ajang mengharukan, mengejutkan, dan mengesankan , yeah firstsight seeing itu looh,, waktu pertama kita lihat orang-orang asing yang nantinya bakal isi 40 hari full di kehidupan kita, hhi
Ini ajang lo bakal dapet kejutan rasa, bisa seneng, terkejut, terharu... ahhh this is a real cute moment guys... Lo bakal liat temen baru lo yang bisa aja sesuai harapan atopun jauh dari prediksi lo. gimana luckynya lo aja siih ini mah :D

Kalo gue sendiri, sangat ngerasa lucky banget ketemu orang-orang ajaib di momen KKN ini. :D sesuai dengan karakter gue yang doyannya kerja santai tapi serius and kudu banyak bodor2nya, cocok banget ini orang-orang sama harapan gue. (Next post insy gue bakal cerita tentang orang-orang ini)
dan ini gue rasa, keberuntungan yang gue dapet gara-gara gue gk yang sok pilih-pilih temen and lokasi. karena Allah always gives us the best things. :)

3. Survey Lokasi and Program Kerja
Kalo urusan lokasi, ini juga tergantung lucky and kemampuan negosiasi kita, alhamdulillah, dengan upaya negosiasi yang optimal dan keberuntungan yang nyata, kelompok KKN gue dapet tempat yang oke banget dengan harga yang oke punya. fasilitas lengkap rumah dengan semua isi termasuk mesin cuci hadir disini. alhamdulillah...

Nah, untuk urusan program kerja ini,, inti dari KKN , seperti yang dosen pembimbing KKN gue, "kita mengabdi pada masayarakat yaitu dengan bentuk pengabdian yang intelek, bukan jadi babu gratis yang nantinya bisa dengan mudah dimanfaatkan"  ini dia kenapa gue bilang Do What You Can Do Better, contoh realnya ketika objek kita adalah masyarakat petani, dan program kita adalah mencangkul bersama, ini kurang intelek dan gk better, karena kita sendiri sadar kalo para petani bakal jauh lebih baik mencangkulnya dari kita. alangkah lebih baiknya kita memberi solusi bukan dengan membantu mencangkul tapi dari segi tehnik dan metode yang bisa diterapkan oleh para petani guna menghasilkan panen yang lebih baik dan optimal melalui solusi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kalo gue sendiri, alhamdulillah.. selama KKN gk pernah itu namanya bersih-bersih selokan (apalagi sambil ttep pake jaster) #iuuh bangett.. kan sayang jaster mahal dipake bersiin selokan...hhhe
Bareng teman teman KKN yang seperjuangan, bekerjasama dengan para sepuh dan pegawai desa,  kita pilih melakukan hal-hal yang lebih bisa dikenang dan berdampak panjang, diantaranya dengan mengenalkan kembali pada anak-anak sekolah budaya desa yang hampir punah, minimalnya anak-anak mengenal budaya dan harapannya adalah mereka mau turut serta mengembangkan budanyanya. :)

God Bless You....
Selamat berpuasa kawan,,
hari ke 27 KKN Desa Cukanggenteng, Pasirjambu, Kab. bandung 




No comments:

Post a Comment